Jumat, 10 Agustus 2018

[Official Report - Base Camp CRAST - 11 Agustus 2018 | 09:00 WITA]





[Official Report - Base Camp CRAST - 11 Agustus 2018 | 09:00 WITA]

*****

LAPORAN OPERASIONAL HARI PERTAMA BASE CAMP LOLOAN

Bismillah,

Sejak beroperasi selama kurang lebih 24 jam, base camp CRAST di Desa Lolon Kec. Bayan KLU telah berhasil mendistribusikan logistik dari pengiriman melalui truk tahap pertama berisi bahan makanan dan beberapa kebutuhan lain (pakaian, sabun, dll) ke titik-titik terpencil pada 3 kecamatan yang menjadi fokus. Pada Jumat 10 Agustus 2018 yang terbagi ke dalam dua tim:

  • Posko induk dusun Paok Rempek, Desa Genggelang, Kec. Gangga
  • Susu untuk anak2 Di Posko dusun Getak Demung, Desa Genggelang, Kec.Gangga
  • Baju layak pakai, beras, minyak goreng, telur Dan air minum Di Salah satu Basecamp di dusun Getak Demung, desa Genggelang, Kec. Gangga
  • Baju layak pakai, beras, telur Dan air minum, terpal Di Basecamp di dusun kertaraharja, desa Genggelang, Kec. Gangga
  • Beras, telur, mie, baju layak pakai di 8 dusun di Desa Senaru.
  • Susu untuk anak-anak di Base Camp Loloan.
  • Susu untuk anak-anak di beberapa dusun di Desa Senaru.

Catatan: Permintaan terpal sangat tinggi dari informasi yang diperoleh tim survey lapangan maupun yang masuk ke call center dan tim CRAST. Di sisi lain stok di Selong maupun Mataram sangat terbatas. Alhamdulillah pada truk logistik kedua CRAST berhasil mendapatkan 16 terpal.

Selain itu pada pengiriman truk Logistik Kedua pada malam hari 10 Agustus 2018 sekitar pukul 20:00 WITA telah berhasil didistribusikan:

• Tiga lembar terpal dua desa di Desa Sajang Sembalun.
• Beras 50kg di Desa Sajang Sembalun.

Pada 11 Agustus 2018 sekitar pukul 07:30 WITA di Base Camp dimulai ekspedisi hari kedua ke dea-desa terpencil dengan aramada mobil dan beberapa sepeda motor:

1. Dusun Sebangun desa Sebangkol gangga
2. Jenggala, tanjung
3. Genggelang, gangga
4. Dusun pengembuk desa sokong, tanjung
5. Dusun sedempel, desa tegal Maja, kec. Tanjung
6. Dusun dangiang, desa selengen, kec. Kayangan. Bapak Risadin
7. Dusun Lokok aware, sesait, Kayangan, Avis
8. Dusun Lendang Batu, desa Kayangan
9. Dusun di Senaru yang belum memperoleh bantuan pada hari pertama
10. Tiga dusun di Desa Loloan untuk distribusi terpal, beras, dan mie instan

Menyusul tim ekspedisi berikutnya yang direncanakan berangkat siang – sore dari Base Camp Loloan.

*****

POSKO MEDIS

Alhamdulillah di Base Camp Loloan telah beroperasi posko medis. Pada pagi hari 11 Agustus 2018 posko telah menangani warga Desa Loloan dan dari data tim medis keluhan medis semakin menangkit akibat semakin lamanya warga tinggal di pengungsian dengan sanitasi, hygiene, serta makanan yang serba terbatas. Kendala yang daialami oleh tim media CRAST adalah keterbatasan obat-obatan dan saat ini kami membeli sendiri dari Selong untuk kebutuhan obat-obatan yang ada. Menjelang siang ini direncanakan aka nada posko media di Senaru dan direncanakan ada pengiriman obat dari Selong.

*****

THERAPY HEALING ANAK-ANAK

Sebagaimana telah masuk ke dalam program awal CRAST akan ada pembagian buku, pos edukasi anak, dan pembagian mainan sebagai bagian dari therapy healing. Selain itu tim juga sedang mempersiapkan makanan khusus untuk anak-anak yang akan masuk ke dalam program tersebut.

*****

POS DISTRIBUSI CRAST BATU LAYAR

Sejak 9 Agustus 2018 malam tim CRAST juga sudah berhasil mendsitribusikan bantuan ke Desa Batu Layar Desa Senggigi khususnya di beberapa RW yang sulit dijangkau dan lokasinya di bawah bukit. Insya Allah 11 Agustus 2018 tim kami juga akan mulai melakukan distribusi tambahan di lokas tersebut. Selain itu tim kami akan menindaklanjuti permintaan bantuan dari Desa Guntur Macamatan Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat.

*****

KONDISI AKTUAL DISTRIBUSI KE DESA-DESA TERPENCIL

Kondisi actual yang kami temui di lapangan adalah belum sampainya bantuan ke desa-desa terpencil di tiga kecamatan yang menjadi fokus operasi CRAST. Selain itu diperoleh informasi bantuan logistik makanan menumpuk di berbagai Posko Induk. Perlu USAHA EKSTRA untuk merealisasikannya didukung dengan ARMADA, TEAMWORK, SURVEY & NAVIGASI terkait target dusun-dusun yang akan dituju, serta organisasi yang baik.

Kami sampaikan kepada pihak-pihak terkait bahwa kami siap membantu pendistribusian bantuan ke pelosok-pelosok dan setidaknya saati ini ada 3 kecamatan yang menjadi fokus kami yaitu Bayan, Kayangan, dan Gangga.


*****

Sekian dan semoga Allah subhanhu wa ta’ala memudahkan segala urusan kita. Terima kasih atas segala bantuan yang masuk ke tim kami jazakumullah khairan. Di Base Camp kami terdapat data kebutuhan, jumlah KK, kondisi media, dsb dari dusun-dusun terpencil yang berhasil dihimpun tim kerja. Jika ada pihak terkait yang memerlukan mohon menghubungi kami.


Base Camp #1 CRAST, Desa Loloan
Hamzah Maulana